Monday 29 September 2014

PEMIKIRAN GILLIN AND GILLIN



Pemikiran John L. Gillin dan John P. Gillin

Menurut Gilli dan Gillin, ciri-ciri umum lembaga kemasyarakatan, yaitu
1.      Merupakan organiusasi pola-pola pemikiran dan pola-pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan.
2.      Suatu tingkat kekekalan yang merupakan ciri semua lembaga kemasyarakatan.
3.      Mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu.
4.      Mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan.
5.      Memiliki lambang yang berupa ciri khas dari lembaga yang bersangkutan.
6.      Mempunyai suatu tradisi tertulis atau tidak tertulis.

JL.Gillin dan JP.Gillin mengatakan “perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.

John Lewis Gillin dan John Philip Gillin memberikan pengertian, bahwa proses sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila orang perorangan dan kelompok‑kelompok manusia saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk‑bentuk hubungan tersebut.





Biografi John L. Gillin

John Lewis Gillin lahir 12 Oktober 1871 di Linn County, Iowa, anak Samuel Brallier Gillin dan Annie Louisa Straley.

Bertahun-tahun kemudian, Gillin ingat bahwa "Pada hari pembukaan sekolah kabupaten Big Head di Linn County, Iowa, pada awal musim gugur 1884, bel sekolah berbunyi dan dua puluh lima anak-anak, di antaranya saya adalah salah satu, duduk mereka kursi dengan mata mereka terpaku pada pria tinggi pada platform guru. "Pria jangkung "yang dimaksud adalah Edward A. Ross, yang berada di tahun kemudian menjadi rekan Gillin di Sosiologi.

Gillin menerima B.Litt. Gelar pada tahun 1894 dari Upper Iowa University, AB gelar dari Grinnel pada tahun 1895, sebuah A.M. dari Columbia tahun 1903, dan BD dari Union Theological Seminary pada tahun 1904 Dia menjadi pendeta dengan Gereja Brethern setelah selesai pelatihan di Union. Dia kemudian mendapatkan gelar Ph.D. dari Columbia tahun 1906.

Biografi John L. Gillin
61636aab-41e1-4ece-a7c6-a97e64093371.jpg
Antropolog Amerika, John Phillip Gillin lahir di Waterloo, Iowa pada tanggal 1 Agustus, 1907 Putra John Lewis Gillin, profesor sosiologi, Gillin menerima gelar AB dalam sosiologi dari University of Wisconsin pada tahun 1927 dan MA dalam sosiologi, psikologi dan antropologi pada tahun 1930 Gillin ini pengenalan formal ke pekerjaan lapangan antropologi dimulai pada 1932-1933 dengan sebuah ekspedisi ke Guyana Inggris untuk mempelajari karib Indian Sungai Barama.

Pada tahun 1973, Gillin meninggal di rumahnya di Chapel Hill, North Carolina di mana ia memilih untuk pensiun. John Gillin dikenang karena studi lapangan tentang budaya Tengah dan Amerika Selatan, untuk membentuk kebijakan Amerika Latin, dan karena kepeloporannya dalam menafsirkan budaya dalam rangka penyelidikan ilmiah.

No comments:

Post a Comment