Monday 29 September 2014

LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Dalam menyusun PKP, tak lupa kita juga menyiapkan contoh form untuk Lembar Refleksi Setelah Melakukan Pembelajaran.



LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama                          : …………………………………….
NIM                            : …………………………………….
Program Studi              : …………………………………….
UPBJJ                         : …………………………………….

A.   Refleksi Komponen Pembelajaran
1.    Apakah kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan sesui dengan indikator yang saya tentukan?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
2.    Apakah materi yang telah saya janjikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
3.    Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
4.    Bagaimana reaksi anak terhadap metode pembelajaran yang saya gunakan?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
5.    Apakah alat penilaian yang saya gunakan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................




B.   Refleksi Proses Kegiatan Pembelajaran
1.    Apakah pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan SKH yang saya susun?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
2.    Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran(penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar)?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
3.    Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
4.    Bagaimana memperbaiki kelemahan saya tersebut?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
5.    Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
6.    Apa penyebab kekuatan saya dalam merancang pembelajaran?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
7.    Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan pembelajaran?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
8.    Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
9.    Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika ya, alasan saya adalah:
.......................................................................................................
.......................................................................................................



10. Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan? (perlakuan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
.......................................................................................................
.......................................................................................................
11. Apakah anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
12. Bagaimanakah reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
13. Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indikator yang saya tetapkan?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
14. Apakah anak telah mencapai indikator kemampuan yang telah ditetapkan?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
15. Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
.......................................................................................................
.......................................................................................................
16. Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
.......................................................................................................
Hal ini terjadi karena:
.......................................................................................................
.......................................................................................................

No comments:

Post a Comment