Monday 29 September 2014

CARA MEMBENTUK MENTAL YANG KUAT

CARA MEMBENTUK MENTAL

Kita harus percaya diri karena percaya diri akan menjadikan perasaan kita/hati kita menjadi lebih berani dalam mengambil suatu tindakan. Kita tidak boleh mudah percaya dengan omongan-omongan orang lain agar kita bisa berfikir dengan maksimal dan memuaskan.

Yakin dengan apa yang kita punya. Yaitu harus yakin dengan kemampuan yang sudah kita pelajari di dalam/ pada saat latihan setiap harinya. Karena dengan yakin kita akan lebih mudah dalam menghadapi suatu masalah yang sedang kita hadapi di depan kita.

Kita harus menerapkan teori/cara-cara dasar yang sudah diajarkan oleh pelatih kita. Seperti halnya bayi baru mau berjalan pasti tahap demi tahap untuk bisa berjalan. Ketika kita sudah menerapkan dengan benar, maka kita akan lebih muda untuk kedepannya.

Kompak dengan teman satu regu itu harus kita terapkan. Dalam permainan beregu karena kalau kita tidak kompak, kita tidak akan pernah bisa menang dalam menghadapi musuh-musuh yang ada di depan kita. Kunci kekompakan yaitu kita harus memberi semangat kepada teman 1 regu kita.

Dalam permainan beregu kita tidak boleh saling menyalahkan. Karena dengan kita menyalah-nyalahkan teman 1 regu kita yang membuat kesalahan. Kita bisa merusak permainan dan akan mempengaruhi mental kita. Oleh karena itu kita tidak boleh saling menyalahkan.

Kita harus saling memberi semangat kepada teman sepermainan agar menjadikan kekompakan dan akan menjadikan permainan lebih baik dari apa yang sudah kita lakukan. Itu akan terwujud kekompakan dan semangat yang sangat besar.



Tidak percaya diri sering terjadi dalam pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi oleh atlet-atlet muda Indonesia saat ini. Sehingga sangat mempengaruhi permainan yang sedang dihadapinya. Dan sangat akan mudah sekali dikalahkan oleh lawan-lawannya.

Banyak sekali atlet-atlet yang kurang yakin dengan skill-skill yang mereka punya, sehingga menjadikan permainan mereka menjadi buruk. Karena mereka kurang yakin dan kurang percaya diri untuk menampilkan skill-skill yang mereka punya.

Sering salah dalam mengambil keputusan. Saat ini banyak sekali orang yang sering salah dalam mengambil keputusan. Karena hanya ingin mengambil yang enak-enak saja dan yang instan-instan saja/ dipengaruhi oleh emosional kita dan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Tidak kompak dengan 1 regu itu sering terjadi karena setiap individu itu mempunyai emosional-emosional yang berbeda-beda/ karakter orang yang berbeda-beda. Sehingga akan mengakibatkan kurangnya kekompakan dalam regu tersebut.

Sering teman kali kita menyalahkan kita, tapi belum tentu dia mengetahui letak kesalahan dia sendiri. Contohnya dalam pertandingan sepak bola atau olahraga lainnya yang beregu. Banyak yang menyalahkan temannya sendiri karena kebobolan dalam bertanding.

Tidak bisa memberi semangat dengan teman 1 regu sudah seringkali di tunjukkan dalam pertandingan-pertandingan olahraga di Indonesia ini. Sehingga untuk membangun suatu kekompakan dan membangun mental itu sangatlah sulit.



Kita harus mempunyai tokoh idola, karena tokoh idola itu sumber untuk membangun kekuatan dan mental kita untuk akan terus maju ke depan. Kita boleh meniru dari segi penampilan, gaya-gayanya dan yang lainnya. Karena semua itu bisa memotivasi kita untuk bisa menjadi lebih maju.

Kita harus mempunyai pendirian yang kuat supaya kita tidak mudah terpengaruh dengan teman-teman atau orang lain yang akan merugikan diri kita sendiri. Untuk membentuk pendirian kita agar menjadi lebih kuat perlu bimbingan dari orangtua / bapak ibu guru yang menurutkan kita itu baik.

Sering bertanding itu harus kita lakukan supaya skill dan kemampuan kita bertambah dan dengan otomatis segi mental kita akan bertambah dengan sendirinya pula. Dari bertanding juga akan bisa menjadikan kita bertambah pengalamannya dan ketenangan dalam diri kita.

Sering bersosialisasi itu sangat penting, contohnya di lingkungan masyarakat kita sendiri. Dan itu harus kita lakukan supaya kita tidak dikucilkan oleh tetangga kita atau warga desa kita. Oleh karena itu kita harus berbaur dengan tetangga kita supaya kita tidak dikucilkan.

Doa orang tua yang paling utama harus kita biasakan sebelum kita melangkah. Kemanapun kita harus meminta doa restu kepada orangtua. Karena itu yang akan membukakan kemudahan kita dalam menghadapi apapun yang ada di depan kita. Yang terutama doa ibu kita.


No comments:

Post a Comment